Cara Membuat Petticoat

Cara Membuat Petticoat - Ini pendapat saya, mohon maaf jika saya salah, dalam penyampaiannya.
Yure yang terbuat dari kain keras yang biasa di jual penjual kain lebar bisa kurang lebih 100cm, tapi produksi kain membuat dengan ukuran lebarnya bisa 3,5,10cm sesuai ke butuhan pembeli di jual biasanya permeter atau per roll, untuk memudahkan mengunkannya...
Cara menjahitnya kurang lebih seperti menjahit di kelim bawah rok, tapi di lapisin yure..
Fungsinya untuk mengembangkan rok lingkar,
Yure biasanya pengganti petticoat
Untuk mau tahu cara jahit yurenya, ibu bpk bisa buka kiriman saya di grup pbw di sini atau buka di pmkg, saya sudah share video menjahit yure
Mengenal kain Sari

Sari atau saree atau shari adalah jenis kain yang dipakai wanita di negara India, Bangladesh, Nepal, dan Sri Lanka. Sari adalah sepotong kain panjang yang dipakai oleh wanita dewasa. Kain ini membalut tubuh sehingga cocok untuk ukuran atau bentuk tubuh apa pun. Sari yang tersampir dengan baik menonjolkan keanggunan pemakainya. Kain sari yang memiliki panjang empat hingga sembilan meter biasa dipakaikan di badan dengan bermacam-macam gaya tanpa dijahit. Salah satu model penggunaan sari yang paling populer adalah sari yang dililitkan di bagian pinggang atau bagian atas rok yang diikat di bawah pusar, dengan ujung yang disangkutkan dari bahu ke punggung belakang. Pada bagian dalam sari biasa ditambahkan sejenis petticoat yang lebih populer dengan nama pavada di India Selatan dan shaya India Timur, dengan blus choli atau ravika yang memiliki lengan pendek dan garis leher yang rendah. Corak serta warna kain sari yang terkesan cerah dan mencolok menjadi salah satu ciri khas yang paling menonjol pada pakaian India.

Sejarah sari dapat ditelusuri dari penemuan patung dan puisi kuno yang berasal dari Peradaban Lembah Indus antara tahun 2800 dan 1800 SM. Berdasarkan cerita rakyat yang berkembang, asal mula penciptaan kain sari yang dikenal luas oleh masyarakat saat ini dimulai ketika seorang penenun bertemu dengan peri cantik yang muncul dalam mimpinya dan mengilhaminya untuk membuat sebuah kain panjang menjuntai. Selama beberapa ratus tahun, kain sari yang diciptakan dari berbagai bahan yang rumit dan sederhana telah berkembang dari waktu ke waktu. Secara garis besar, kain sari memiliki dua ujung dengan kegunaan yang berbeda. Ujung yang digunakan sebagai jangkar dibuat polos, sedangkan ujung lain yang dinamai palu dibuat bergantung di luar. Selain itu ditambahkan pula hiasan dekoratif pada kedua garis yang membujur.

Meskipun sudah ada mesin tenun, namun sari yang digunakan untuk acara formal hampir seluruhnya dibuat dengan tangan. Mulai dari pola warna, motif bunga dan pola geometris yang dibuat secara langsung pada mesin tenunnya dengan menggabungkan benang-benang dari berbagai warna. Setelah itu ditambahkan pula dekorasi tambahan berupa sulaman maupun manik-manik. Model serta coraknya yang khas dan menawan dengan kemilau manik-manik, bordir dan payet semakin memperlihatkan kesan mewah dan elegan pada tampilan busana tersebut. Tidak mengherankan jika kemudian banyak orang yang tertarik untuk mengenakan sari sebagai gaya busana mereka.

Selain cara pakai, jenis bahan sari juga memiliki arti sendiri. Kalau sari dari sutra, adalah sari yang dipakai wanita kaya. Sedangkan yang dari nilon atau kapas, biasanya dipakai oleh perempuan dari golongan biasa. Dari segi warna bila sari tersebut berwarna putih, dipakai seorang balu (orang yang dihormati). Jika sari berwarna putih bergaris emas, maknanya lain lagi. Ini menandakan si pemakai adalah wanita keturunan Malayam. Kalau sari berwarna kuning, dipakai wanita pembawa kavadi (orang yang membayar nazar di kuil dengan melakukan upacara suci). Dan kalau Sari berwarna pelangi atau gabungan berbagai warna, melambangkan kepribadian si pemakai. Warna terang ingin mengatakan bahwa yang mengenakan selalu ceria. Warna yang lebih mencolok, ingin mencuri perhatian para pemuda atau mencari perhatian orang ramai. Sedangkan sari berwarna pudar, artinya si wanita tipe pemalu. 

Popular posts from this blog

Kain Linen

Kain Linen Terbuat dari Serat Tumbuhan